Mengetahui pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia Pendidikan di era ini, jajaran pimpinan STAIN Kediri saat itu mencetuskan gagasan pengembangan serta pengelolaan teknologi informasi yang diwujudkan dalam pembentukan Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (UPT-TIPD) pada tahun 2010. UPT-TIPD ini secara umum berfungsi untuk membuat perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan teknologi informasi beserta infrastruktur yang menyertainya termasuk pelayanan teknologi informasi kepada seluruh unit yang ada di IAIN Kediri.

Dalam pelaksanaanya, saat UPT-TIPD ini terdiri atas 4 divisi utama, yaitu Divisi Administrasi Jaringan dan Server, Divisi Pengembangan Website, Divisi Pangkalan Data dan Divisi Help Desk. Divisi Administasi jaringan dan server bertugas untuk mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan di seluruh unit bisnis IAIN Kediri. Selain itu divisi ini juga bertugas untuk memelihara server institusi yang merupakan gateway untuk akses internet kampus serta mengelola data penting seluruh proses akademik di IAIN Kediri. Divisi pengembangan website bertugas untuk mengembangkan website kampus termasuk seluruh unitnya, melakukan backup data dan update informasi secara berkala bersama tim Humas dan Pemberitaan IAIN Kediri. Divisi pangkalan data bekerjasama dengan unit lain bertugas untuk mengelola dan menyediakan semua data penting terkait proses akademik dan non akademik di IAIN Kediri. Divisi Help Desk adalah divisi yang bertugas sebagai pelayanan terkait teknologi informasi. TIPD juga merencanakan untuk menambah divisi baru yaitu Divisi Pengembangan Software yang bertugas untuk merencanakan dan mengembangkan software atau sistem informasi yang dibutuhkan oleh kampus. Namun divisi tersebut hingga saat ini belum terbentuk karena beberapa alasan termasuk SDM yang kurang memadai.

Masih banyak hal yang perlu dibenahi, dan dioptimalkan baik dalam tingkat organisasi maupun sistem yang berjalan. Meskipun fakultas atau lembaga atau unit sudah memiliki tim khusus yang menangani (Teknologi Informasi dan Komputer) SI / TI namun pengelolaan SI / TI tersebut belum terkoordinasi dengan baik. Idealnya, tim SI / TI pada tiap unit atau fakultas memiliki garis koordinasi langsung dengan TIPD sehingga pemanfaatan SI / TI dapat dioptimalkan untuk menunjang pengelolaan kampus secara keseluruhan.

Penggunaan Teknologi informasi di lingkungan kampus menjadikan semua pekerjaan semakin mudah, praktis, dan cepat, baik dari sisi pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pelayanan akademik maupun non akademik. Untuk menunjang kelancaran aktivitas kampus maka diperlukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengembangan infrastruktur teknologi informasi, layanan data dan informasi yang meliputi hardware dan software, serta pengadaan dan peningkatan sumber daya manusianya, khususnya SDM yang menguasi pengetahuan dan skill di bidang keilmuan teknologi dan sistem informasi.